Senin, 20 Mei 2013

Hari Kebangkitan Nasional ( 1908 - 2013 )

Selamat Hari Kebangkitan Nasional yang Ke 105 Tahun ( 1908 - 2013 ) bagi kita semua.,., Semoga kita bisa bangkit dari ketertinggalan, bangkit dari ketidakadilan, bangkit dari kemiskinan dan kebodohan. Dan yang paling penting saat ini adalah bangkit dari penjajahan para KORUPTOR yang selalu mengerogoti Bangsa dan negara ini,,, Kapan perlu para koruptor itu kita musnahkan sampai keakar_akarnya. biar nggak ada lagi bibit2 koruptor dinegara ini. ( haha kok jadi serius gini postingannya ) MAKLUMLAH SODARA2,, TERBAWA SUASANA., 

 

Kita cukup Berbangga dengan Generasi muda kita yang sekarang, mampu menorehkan berbagai prestasi disegala bidang, dan yang masih segar diingatan kita adalah  pada keberhasilan generasi muda Indonesia di dua ajang kompetisi internasional. Indonesia berjaya pada dua ajang internasional. Himawan Wicaksono dinobatkan sebagai Absolute Winner pada Olimpiade Fisika Asia. Prestasi juga ditorehkan oleh kontingen TNI AD yang memenangi perlombaan menembak Australian Army Skills at Arms Meeting (AASAM) dengan meraih 17 medali emas. Indonesia juga mendapatkan tiga medali emas pada kejuaraan Taekwondo Asia ke-11 yang diselenggarakan di Myanmar, Sabtu (11/5/2013). Sebelumnya, pada bulan April, Melody, Mariska, dan enam pelajar lainnya juga meraih medali dan awards dalam International Conference of Young Scientists di Bali. Tetapi itu agak sedikit ternoda ulah segelintir pemuda yang tak dapat kita abaikan dengan aksi brutal geng motornya, mereka melakukan perusakan, perampokan bahkan memperkosa korbannya, semoga ini semua dapat ditumpas dan ditertibkan.

Kita coba flashback kembali bagaimana lahirnya gerakan ini,,, kebangkitan nasional merupakan peristiwa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme diikuti dengan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Selama masa penjajahan semangat kebangkitan nasional tidak pernah muncul hingga berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Boedi Oetomo

Organisasi Boedi Oetomo yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) yaitu Goenawan Mangoenkoesoemo dan Soeraji serta digagas oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo pada awalnya bukan organisasi politik, tetapi lebih kepada organisasi yang bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan. Namun seiring waktu Boedi Oetomo kemudian menjadi cikal bakal gerakan yang bertujuan untuk kemerdekaan Indonesia.

Kongres pertama Boedi Oetomo diselenggarakan tanggal 3 - 5 Oktober 1908 di Yogyakarta. Saat itu organisasi Boedi Oetomo telah memiliki tujuh cabang di beberapa kota yaitu Batavia, Bogor, Bandung, Magelang, Yogyakarta, Surabaya, dan Ponorogo. Pada kongres pertamanya ini Raden Adipati Tirtokoesoemo (mantan bupati Karanganyar) yang berasal dari kaum priyayi diangkat sebagai presiden Budi Utomo yang pertama. Dan sejak itu banyak anggota baru yang berasal dari kalangan bangsawan dan pejabat kolonial bergabung dengan organisasi Boedi Oetomo, namun hal ini justru membuat anggota dari kalangan pemuda memilih keluar dari organisasi ini.


Organisasi Boedi Oetomo sendiri dalam perjalanan sejarahnya mengalami beberapa kali pergantian pimpinan dan sebagian besar berasal dari kalangan bangsawan seperti Raden Adipati Tirtokoesoemo mantan Bupati Karanganyar yang menjadi presiden pertama Budi Utomo dan Pangeran Ario Noto Dirodjo dari Keraton Pakualaman.


Berturut-turut setelah Boedi Oetomo didirikan pada tahun 1908 diikuti berdirinya Partai Politik pertama di Indonesia Indische Partij pada tahun 1912, kemudian pada tahun yang sama Haji Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam di Solo, KH Ahmad Dahlan mendirikan Muhammadiyah di Yogyakarta, Dwijo Sewoyo dan kawan-kawan mendirikan Asuransi Jiwa Bersama Boemi Poetra di Magelang.

Karena dianggap sebagai organisasi yang menjadi pelopor bagi organisasi kebangsaan lainnya sebagaimana disebutkan di atas, maka tanggal kelahiran Boedi Oetomo yaitu 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional

ok mas bro,,, sekian dulu,,, adzan shubuh udah berkumandang nich (waktu Palembang dan sekitarnya) mari kita tunaikan dulu kewajiban kita sebagai muslim,,
Assalammualaikum

SELAMAT HARI KEBANGKITAN NASIONAL
KE-105 TAHUN
Lokasi: Sei Selayur, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda,,,