Sabtu, 16 September 2017

Elektrokimia

Elektrokimia adalah salah satu cabang ilmu kimia yang mempelajari reaksi kimia yang terjadi pada permukaan suatu konduktor (elektroda) yang berhubungan dengan transfer elektron antara suatu konduktor (elektroda) dengan suatu analit tertentu.
Pengukuran secara elektrokimia dilakukan dengan menggunakan sel elektrokimia. Terdiri dari dua atau lebih elektroda dan elektronik untuk mengontrol serta menentukan arus dan potensial


Analisis elektrokimia

Analisis elektrokimia merupakan metode analisis kuantitatif atau kualitatif yang didasarkan pada sifat-sifat kelistrikan suatu larutan zat yang dianalisis (cuplikan) di dalam suatu sel elektrokimia.

Di dalam sel elektrokimia dapat dipelajari hubungan-hubungan antara konsentrasi dengan potensial (potensiometri), konsentrasi dengan daya hantar listrik (konduktometri), konsentrasi dengan jumlah muatan listrik (koulometri), konsentrasi dengan potensial dan arus listrik (polarografi dan voltametri

Pada sistem elektrokimia terdiri atas sel elektrokimia dan reaksi elektrokimia yang terjadi didalamnya.

Sel elektrokimia terbagi atas 2 jenis yaitu sel galvani dan sel elektrolisis.

Sel galvani merupakan sel elektrokimia yang menghasilkan listrik karena terjadinya reaksi 
secara spontan di dalamnya.

Sel elektrolisis merupakan sel elektrokimia di mana reaksi tak-spontan terjadi di dalam sel elektrokimia.

Aplikasi dari elektrokimia dalam kehidupan antara lain meliputi aplikasinya dalam lingkungan, ilmu kedokteran, industri, bahkan cabang ilmu lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda,,,