Jumat, 03 Agustus 2012

Hikmah Puasa


Hikmah Puasa
   
         Agama Islam mewajibkan puasa bukan hanya sekedar menahan diri dari makan dan minum dalam waktu yang terbatas. tetapi dari itu merupakan latihan menahan diri dari keinginan melakukan perbuatan yang dilarang.
             
         Apabila ibadah puasa dikerjakan sesuai petunjuk dan tuntunan Rasulullah SAW tidak diragukan lagi orang yang berpuasa itu jiwanya benar-benar menjadi suci bersih, hatinya menjadi kuat dan teguh ketika berhadapan dengan segala dorongan hawa nafsu yang membawa kesekarakahan dan kejahatan.

Nabi Muhammad SAW bersabda; "barang siapa myang tidak suka meninggalkan kata-kata kotor, kata-kata dusta, dan perbuatan palsu, maka Allah SWT tidak membutuhkan daripadanya (orang yang puasa hanya sekedar meninggalkan makan dan minum)".

 maka apabila puasa dilaksanakan secara benar akan mendatangkan hikmah sebagai berikut :
  1. Mendidik para mukmin supaya berperangai luhur dan agar dapat mengontrol seluruh hawa nafsu dalam keinginan manusia biasa.
  2. Mendidik jiwa agar bisa dan dapat menguasai diri, sehingga mudah menjalankan segala kebaikan dan meninggalkan segala larangan.
  3. Membiasakan orang-orang berpuasa bersabar dan tahan.
  4. Mendidik jiwa agar dapat memegang amanat sebaik baiknya. 
  5. Mendidik manusia agar jangan mudah lekas dipengaruhi oleh benda, sekalipun ia dalam keadaan kelaparan dapat mempertahankan pribadinya dan pribadi islam hingga tidak lekas terjerumus kejuranagn kema'siatan dan sebagainya.
  6. Ditinjau dari segi kesehatan, puasa sangat berguna untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan
  7. Untuk menyuburkan rasa syukur kepada Allah atas karunia yang telah diberikan kepada hambanya.
  8. Menanamkan rasa cinta kasih sesama manusia, terutama terhadap orang-orang yang menderita kelaparan dan kesengsaraan.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda,,,