Jumat, 07 Desember 2012

Manfaat Berjilbab yang sesuai dengan syariat Islam bagi Muslimah

Jilbāb (Arab: جلباب ) adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim di Indonesia, penggunaan kata "jilbab" digunakan secara luas sebagai busana kerudung yang menutupi sebagaian kepala perempuan (rambut dan leher) yang dirangkai dengan baju yang menutupi tubuh kecuali telapak tangan dan kaki.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tahun 1990 jilbab adalah kerudung lebar yang dipakai perempuan muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai ke dada. Secara umum mereka yang menutupi bagian itu disebut orang yang berjilbab.

Kriteria jilbab yang benar harus menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak , jilbab bukan merupakan perhiasan, tidak tipis, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh, tidak disemprot parfum, tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita-wanita kafir dan bukan merupakan pakaian untuk mencari popularitas.

Sekarang ini pemakaian jilbab sudah menjadi tren dikalangan para pemudi Islam, tetapi kebanyakan jilbab yang mereka gunakan tidak memenuhi kriteria dalam berjilbab, tapi itu patut kita syukuri masih ada niatan mereka untuk menggunakan jilbab. Semoga dengan seiringnya berjalannya  waktu semakin sempurna mereka dalam penggunaan jilbab yang sesuai dengan syariat Islam

Allah memerintahkan kaum wanita untuk menutup aurat ( berjilbab ) Allah memerintahkan sesuatu pasti ada manfaatnya untuk kebaikan manusia. Dan setiap yang benar-benar manfaat dan dibutuhkan manusia dalam kehidupannya, pasti disyariatkan atau diperintahkan oleh-Nya. Di antara perintah Allah itu adalah berjilbab bagi wanita muslimah.

Firman Allah SWT dalam Surat Al-Ahzab (33) ayat 59 :



Artinya : 
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. Al-Ahzab (33) : 59).



Allah SWT juga menegaskan perintah penggunaan jilbab dalam surat An-Nuur Ayat 31 :


Artinya :
"Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung". 

Jadi jelaslah kewajiban penggunaan jilbab bagi kaum hawa, adapun Manfaat berjilbab menurut Islam dan ilmu pengetahuan antara lain :

1.    Menghindari diri kita dari perbuatan dosa

 Sabda Rasulullah SAW :

“Ada dua macam penghuni Neraka yang tak pernah kulihat sebelumnya; sekelompok laki-laki yang memegang cemeti laksana ekor sapi, mereka mencambuk manusia dengannya. Dan wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang, sesat dan menyesatkan, yang dikepala mereka ada sesuatu mirip punuk unta. Mereka (wanita-wanita seperti ini) tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya. Sedangkan bau surga itu tercium dari jarak yang jauh” (HR. Muslim).

Imam An-Nawawi rahimahullah menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “Wanita-wanita yang berpakaian namun telanjang” ialah mereka yang menutup sebagian tubuhnya dan menampakkan sebagian lainnya dengan maksud menunjukkan kecantikannya

2.    Terhindar dari Fitnah dan kejahatan

Kita banyak melihat tayangan di media massa banyak diantara para wanita kita mendapat pelecehan, baik secara phisik maupun lisan, Banyaknya pelecehan seksual terhadap kaum wanita adalah akibat tingkah laku mereka sendiri. Karena mereka tidak menghargai diri mereka, mengumbar2 bagian tubuh mereka, itu dapat juga kita lihat ditempat2 umum, banyak diantara mereka para wanita yang tidak nyaman mengunakan pakaian seperti itu tapi, karena hanya sekedar mengikuti tren,  jadilah seperti itu, mereka repot sendiri dengan apa yang dipakainya,.

Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam :

“Sepeninggalku tak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari)


Jikalau wanita pada jaman Rasul saja sudah merupakan fitnah terbesar bagi laki-laki padahal wanita pada jaman ini konsisten terhadap jilbab mereka dan tak banyak lelaki jahat saat itu, maka bagaimana wanita pada jaman sekarang ??? Tentunya akan menjadi target pelecehan. Hal ini telah terbukti sekarang, kita bisa menyasikan sendiri dilingkungan sekitar kita.

3.    Akan memiliki sifat seperti biadadari surga

Firman Allah dalah surat Ar-Rahman Ayat 56 :


Dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang menundukkan pandangannya, mereka tak pernah disentuh seorang manusia atau jin pun sebelumnya.” (QS. Ar-Rahman: 56)

Firman Allah dalah surat Ar-Rahman Ayat 58 :





Mereka laksana permata yakut dan marjan.” (QS. Ar-Rahman: 58)


Firman Allah dalah surat Ash-Shaffat ayat 49 :






Mereka laksan telur yang tersimpan rapi.” (QS. Ash-Shaffaat: 49)

Dengan berjilbab, Kaum Hawa akan memiliki sifat seperti bidadari surga. Yaitu menundukkan pandangan, tak pernah disentuh oleh yang bukan mahramnya, yang senantiasa dirumah untuk menjaga kehormatan diri. Wanita inilah merupakan perhiasan yang amatlah berharga.

4.    Menjaga tubuh dari pengaruh buruk lingkungan dan cuaca

Dengan menngunakan jilbab secara Islam dan konsisten maka sipemakai akan terhindar dari penyakit kanker kulit. Kanker kulit itu sendiri adalah tumor-tumor yang terbentuk akibat kekacauan dalam sel yang disebabkan oleh penyinaran, zat-zat kimia, dan sebagainya.

Penelitian menunjukkan kanker kulit biasanya disebabkan oleh sinar Ultra Violet (UV) yang menyinari wajah, leher, tangan, dan kaki. Kanker ini banyak menyerang orang berkulit putih, sebab kulit putih lebih mudah terbakar matahari.

Kanker tidaklah membeda-bedakan antara laki-laki dan wanita. Hanya saja, wanita memiliki daya tahan tubuh lebih rendah daripada laki-laki. Oleh karena itu, wanita lebih mudah terserang penyakit khususnya kanker kulit.

Oleh karena itu, cara untuk melindungi tubuh dari kanker kulit adalah dengan menutupi kulit. Salah satunya dengan berjilbab. Karena dengan berjilbab, kita melindungi kulit kita dari sinar UV.  ingat lho ,,,, berjilbab secara islami, bukan jilbab gaul yang ketat,,,

5.    Memperlambat gejala penuaan

Proses Penuaan adalah proses alamiah yang sudah pasti dialami oleh semua manusia yaitu lambatnya proses pertumbuhan dan pembelahan sel-sel dalam tubuh. Gejala-gejala penuaan antara lain adalah rambut memutih, kulit keriput, dan lain-lain.

Penyebab utama gejala penuaan adalah sinar matahari. Sinar matahari memang penting bagi pembentukan vitamin D yang berperan penting terhadap kesehatan kulit. Namun, secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa sinar matahari merangsang melanosit (sel-sel melanin) untuk mengeluarkan melanin, akibatnya rusaklah jaringan kolagen dan elastin. Jaringan kolagen dan elastin berperan penting dalam menjaga keindahan dan kelenturan kulit.

Dengan menggunakanKrim-krim pelindung kulit saja tidak cukup efektif melindungi kulit secara total dari sinar matahari. jilbablah yang cukup efektif untuk melindungi kulit.

6.    Membuat si pemakai menjadi lebih cantik dan lebih anggun

Coba kita perhatikan  antara wanita yang menggunakan jilbab menurut syariat Islam dengan yang berpakaian terbuka, hmmmmmm ??? lebih cantik dan lebih  anggun yang mana ??? 

7.    Menimbulkan rasa hormat dari siapapun

Preman saja klo ada wanita berjilbab yang menggunakan jilbab sesuai Syariat Islam, mereka tidak berani mengganggu bahkan tidak jarang dari preman tersebut yang mengucapkan salam ketika mereka melewati preman itu, . .

Jadi tunggu apalagi bagi muslimah kita yang belum menggunakan jilbab secara Islami, apalagi yang belum Menggunakan Jilbab sama sekali, bersegeralah, karena Allah SWT sudah memerintahkan kaum Hawa untuk menutup aurat.... dengan memakai jilbab anda akan tampak lebih cantik lahir dan bathin,,, InsyaAllah....

1 komentar:

Terimakasih atas kunjungan anda,,,