Jumat, 16 November 2012

keistimewaan manusia



Ada yang setuju nggak dengan teori si Darwin yang mengatakan manusia berasal dari kera,,, pasti jawabannya nggak ada yang setuju,,, ato jangan-jangan ada yang sependapat  dengan sidarwin itu,,,, nahhhhh jangan marah ya klo ketemu saya panggil cucungnya kera heheheh.,.,

Jelas-Jelas Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam Alquran Surat Al-Hajj ayat 5 :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنْ كُنْتُمْ فِي رَيْبٍ مِنَ الْبَعْثِ فَإِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنْ مُضْغَةٍ مُخَلَّقَةٍ وَغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِنُبَيِّنَ لَكُمْ وَنُقِرُّ فِي الْأَرْحَامِ مَا نَشَاءُ إِلَى أَجَلٍ مُسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوا أَشُدَّكُمْ وَمِنْكُمْ مَنْ يُتَوَفَّى وَمِنْكُمْ مَنْ يُرَدُّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِنْ بَعْدِ عِلْمٍ شَيْئًا وَتَرَى الْأَرْضَ هَامِدَةً فَإِذَا أَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَأَنْبَتَتْ مِنْ كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ .

"Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar kami jelaskan kepada kamu dan kami tetapkan dalam rahim, apa yang kami kehendaki sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampailah kepada kedewasaan, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatu pun yang dahulunya telah diketahuinya. Dan, kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah kami turunkan air di atasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah dan menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah. (Q.S. al-Hajj [22]: 5)

 
Postingan kali ini, saya terinspirasi dari tausiah Ustadz Kemaren sore di Masjid. Dimana, Sang Ustadz menjelaskan tentang keistimewaan manusia dari mahkluk lainnya, Berbahagialah kita terlahir sebagai manusia. Dibanding mahluk hidup lain, manusia punya banyak kelebihan sehingga mampu hidup lebih layak. Itu juga yang membuat manusia menjadi mahluk hidup yang paling tinggi derajadnya.


 1. Sebagai Khalifah

Kita dipercaya Oleh Allah untuk menjadi khalifah dimuka bumi ini,,, mengapa Allah memilih kita, kenapa tidak Malaikat ? ato mahkluk lainnya...,  renungkanlah,,, Allah memilih kita tentu ada alasan tersendri, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat 30

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ .

(Ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata, “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman, “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Q.S. al-Baqarah [2]: 30)

2.     Perintah Ibadah

Dan setelah Allah menjadikan kita khalifah dimuka bumi ini Allah pun menyuruh kita beribadah kepadanya, kita sebagai manusia patut berbangga kerena ini merupakan perintah Istimewa dari Allah sebagai sang pencipta,, sebagaimana firmaNya dalam Alquran surat Adz-Dzaariyaat ayat 57 :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku" (QS Adz-Dzaariyaat : 57)

 
 

3. Malu

Inilah sifat yang paling istimewa dari manusia, karena klo tanpa malu manusia tidak ubahnya seperti binatang, saat ini malu inilah yang sudah terdegradasi dari jiwa manusia sehingga timbul sifat-sifat kebinatangan. Sebagai contoh hilangnya rasa malu pada manusia adalah jiwa koruptif yang semakin merajalela. Dan masih banyak lagi contoh terdegradasinya rasa malu manusia lainya....

4. Akal Pikiran dan Hati

Manusia tidak hanya dianugerahi oleh Allah otak yang briliant tapi manusia juga dianugerahi akal pikiran dan hati sehingga manusia menyadari kemanusiaannya, cenderung memiliki sifat melayani sesama. Ia berupaya menghilangkan egonya mampu mengendalikan diri, mengembangkan IPTEK seta IMTAQ. Jika Manusia hanya punya otak saja, manusia akan bertindak seperti binatang. Merasa benar sendiri, tidak menghargai orang lain, suka melanggar norma susila. Akibatnya manusia akan menjadi lebih sesat (hina) dari pada binatang.

5. Bicara 

Laring atau kotak suara kita ada di bagian terbawah tenggorokan, Ditunjang dengan tulang hyoid berbentuk tapal kuda yang terletak di bawah lidah, Ini membuat kita mampu mengucapkan banyak kata dan mampu berbicara. Kita mulai memiliki kemampuan ini sejak 350.000 tahun lalu, saat nenek moyang manusia mulai bisa berbicara dengan baik.

 6. Postur Tubuh Lurus 

 Manusia tergolong bangsa primata, namun manusia lah yang mampu berjalan tegak lurus. Ini membuat tangan kita bebas bekerja, tak seperti primata lain yang menggunakan tangan sebagai penopang tubuh untuk berjalan. Kita hanya memerlukan tangan untuk berjalan saat masih bayi saja. Tidak terbayangkan kalau kita terus-terusan merangkak ...


7. Berbulu Halus 


Kita sebenarnya memiliki folikel atau kelenjar rambut yang sama banyak dengan Primata berbulu. Hanya saja rambut yang dihasilkan lebih tipis dan pendek sehingga tidak terlalu kelihatan. Coba bayangkan klo bulu kita panjang panjang,,, apa bedanya kita dengang monyet hehehe...


8. Jemari  Tangan Lebih Fleksibel 

Bangsa primata seperti kera juga memiliki jari, tetapi kita manusia memiliki jari yang lebih fleksibel, bentuk jari dan ukurannya saling berbeda satu sama lain. Setiap jari memiliki fungsi berbeda dalam melakukan suatu tugas. Ini membuat jari-jari kita bisa lebih terampil dalam memanfaatkan peralatan seperti menulis dengan baik, memetik gitar, dan memanfaatkan objek lainnya.


9. Berpakaian 
 
Secara alami manusia tidak punya pelindung terhadap perubahan suhu di permukaan kulitnya. Namun dengan akal pikiran dan rasa malu yang dimiliki, manusia bisa membuat pakaian yang menggantikan fungsi bulu pada beberapa jenis binatang. Tetapi sekarang ini banyak manusia yang memakai pakaian tetapi tidak berpakaian.


10. Mengontrol Api 

Mengontrol api disini bukan Seperti Avatar ya heheheh.... maksudnya adalah manusia dapat mengendalikan api, lalu memanfaatkannya untuk kehidupan. Mulai dari sebagai penghangat, penerang, sampai memasak dan membuat alat.


11. Masa Kecil lebih Lama

Dibanding hewan lain atau sebangsa primata, manusia menghabiskan paling banyak waktu bersama orang tuanya ini dikarena manusia memerlukan lebih banyak waktu untuk mengembangkan otaknya yang sangat kompleks dan memang lebih unggul dibanding mahluk hidup lain.


12. Hidup Lama Setelah Reproduksi

Sebagian besar hewan hidup tidak lama setelah mereka melakukan reproduksi. Tapi manusia, khususnya yang perempuan, masih bias hidup lama setelah mereka melahirkan. Ilmuwan menduga ini disebabkan adanya ikatan social di antara manusia, terutama keluarga besar. Kakek dan nenek bias membantu mengasuh anak atau sekedar memberi perhatian. Itu adalah keadaan yang tidak berlaku pada hewan.


13. Menopause


Ini merupakan sebuah anugerah bagi manusia memiliki masa masa dimana stop berproduksi dan istimewanya lagi ini hanya dimiliki oleh perempuan saja,,, apabila tiba pada suatu masa yang disebut menopause wanita akan berhenti dari kodratnya untuk bereproduksi dan menjalankan fungsi baru sebagai nenek yang akan mengasuh cucunya. Selain manusia, hanya beberapa spesies ikan paus saja yang mengenal menopause.

Rasanya pak Ustadz itu banyak menyampaikan keistimewaan manusia, Karena keterbatasan ingatan Cuma mampu segini yach segini dulu yang disampaikan, klo ntar ingat, pada postingan berikutnya disambung lagi hehhehehe,,,, met malam...

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas kunjungan anda,,,